Thursday, 23 September 2021 06:06

Peringatan Hari Tani Nasional dan Sejarah Terbentuknya Featured

Written by
Rate this item
(0 votes)

Indonesia merupakan negara agraris dengan sebagian besar penduduknya berpencaharian di sektor pertanian.

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah yang dapat mendorong perekonomian negara. Selain sebagai negara agraris Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim karena mempunyai wilayah perairan yang sangat luas.

Sektor pertanian menjadi pondasi utama dalam mendorong perekonomian negara Indonesia, banyak cara dalam mendukung ketahanan pangan negeri ini. Salasatu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membeli produk-produk dalam negeri khususnya hasil dari sektor pertanian. Dengan begitu kita turut serta dalam mendukung ketahanan pangan negeri. Tak ketinggalan juga PT Advansia Indotani turut mendukung sektor pertanian di Indonesia dengan menghadirkan solusi dan edukasi kepada petani Indonesia dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada. Perusahaan Agrokimia yang bergerak dalam bidang perlindungan tanaman ini juga menghadirkan paket produk solusi lengkap dalam mengendalikan Organisme Pengganggu tanaman (OPT).

Melihat perjuangan para petani Indonesia dalam mendorong ketahanan pangan negeri, maka bagi Kami mereka merupakan para pejuang pangan negeri ini. Bertepatan dengan hari Jumat 24 September 2021 diperingati sebagai Hari Tani Nasional.

Dilansir dari situs resmi Serikat Petani Indonesia (SPI), ditetapkannya tanggal 24 September sebagai Hari Tani Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 169 tahun 1963. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan tanggal di mana Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960) disahkan. UUPA 1960 merupakan spirit dan menjadi dasar dalam upaya perombak struktur agraria Indonesia yang timpang dan sarat akan kepentingan sebagian golongan akibat warisan kolonialisme di masa lalu. Usai merdeka dari jajahan Belanda, Pemerintah Indonesia terus berupaya merumuskan UU Agraria baru untuk mengganti UU Agraria kolonial. Penyelenggara Negara kemudian membentuk panitia agraria Yogya pada tahun 1948 di mana ibu kota Republik Indonesia dulunya masih berkedudukan di Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, 12 tahun setelah Panitia Agraria Yogya terbentuk, program-program yang dicanangkan ternyata banyak mengalami dinamika, termasuk gejolak politik. Pada tahun 1951, Panitia Agraria Yogya berubah menjadi Panitia Agraria Jakarta dan Ibu Kota RI sudah kembali ke Jakarta. Namanya juga terus mengalami perubahan hingga akhirnya menjadi Rancangan Sadjarwo pada tahun 1960. Tepat pada tahun 1960, Undang-Undang Pokok Agraria diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat-Gotong Royong (DPR-GR) dibawah pimpinan Haji Zainul Arifin.

Dalam memperingati Hari Tani Nasional 2021 ini, mari kita ambil bagian dalam mendukung sektor pertanian dengan cara menggunakan gambar ucapan Selamat Hari Tani Nasional 2021 di profile picture WhatsApp ataupun media sosial masing masing. Gambar dapat di unduh melalui link berikut ini Download Gambar

Read 530 times Last modified on Friday, 08 October 2021 15:37