Friday, 10 September 2021 00:00

Mengatasi Lodoh (Phytophthora Infestans) Pada Tanaman Kentang Featured

Written by
Rate this item
(2 votes)
serangan lodoh pada kentang serangan lodoh pada kentang advansia

Penyakit busuk daun, busuk batang dan umbi tanaman kentang oleh jamur Phytophthora infestans

Penyakit busuk daun, busuk batang dan umbi tanaman kentang oleh jamur Phytophthora infestans merupakan kendala utama petani kentang.Penyakit ini sangat tinggi merusak jaringan tanaman dan dapat menurunkan produksi hingga gagal panen.Gejala pada daun berupa hawar (blight) atau bercak berwarna abu-abu yang berukuran besar dengan bagian tengahnya agak gelap dan agak basah.

Advansia busuk batang

(foto : Serangan lodoh/ busuk pada batang )

Cara mengatasi penyakit lodoh (Phytophthora infestans)

1. Imunisasi tanaman (perlindungan sejak dini)

Menggunakan produk ACEP 722 SL, fungisida sistemik berbahan aktif propamocarb hidroklorida 722 SL untuk melindungi tanaman muda dari pathogen jamur yang masih ada di dalam tanah. Waktu aplikasi mulai tanaman berumur 10 HST.

2. Perlindungan awal

Mencegah spora jamur menyebar di lahan kentang, perlu perlindungan dengan fungisida Abado 50 WP dicampur dengan AZZA 500 SC, perpaduan fungisida kontak dan sistemik untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Dapat juga menggunakan AZOF 100 SC. Fungisida bahan aktif Siazofamid 100 g/l ini merupakan produk keluaran baru di Indonesia. Fungisida dengan sistem kerja secara sistemik yang bersifat protektif dan kuratif sehingga dapat mencegah lodoh.

3. Alternasi (pergantian) Fungisida

Agar tidak terjadi resistensi, maka perlu alternasi (pergantian) fungisida dengan bahan aktif yang berbeda golongan dan cara kerja yang berbeda pada jamur Phytophthora infestans.  Fungisida Sumiboxam 100 SC merupakan fungisida paten dengan bahan aktif Ethaboxam 100 g/l yang merupakan resistance management program, waktu aplikasi 30, 45 dan 60 HST.

4.Menghentikan serangan lodoh

Langkah terakhir ini tidak kalah penting dengan langkah-langkah sebelumnya. Jika ditemukan  gejala berupa hawar (blight) atau bercak berwarna abu-abu pada daun yang berukuran besar dengan bagian tengahnya agak gelap dan agak basah gunakan APISON 51,5 DG dicampur dengan AZZA 500 SC, perpaduan fungisida kontak dan sistemik ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan mengendalikan lodoh (Phytophthora infestans).

Advansia busuk daun

(foto : Serangan lodoh/ busuk pada daun)

Read 3381 times Last modified on Tuesday, 21 September 2021 07:05